Shopping cart

Add, remove products or go to the checkout page to proceed with the purchase.

Gimana Cara Memperluas Vocabulary Bahasa Inggris Melalui Flashcards? Berikut Triknya

Kata siapa flashcard cuma untuk anak anak saja? Pada dasarnya, flashcard menjadi salah satu media belajar paling efektif untuk mata pelajaran bahasa. Termasuk di antaranya adalah bahasa inggris, yang mana butuh banyak vocabulary atau kosa kata. Tapi bagaimana cara memperluas vocabulary bahasa inggris melalui flashcards? Coba cek tips berikut ini.

Apa Itu Flashcards?

Buat Anda yang masih bingung, sebenarnya flashcard berwujud kartu atau lembaran kertas yang dilengkapi kata kata. Biasanya, bentuknya kecil dan berisi gambar dan kata yang berkaitan. Di bahasa Inggris, media ini digunakan untuk mengajarkan kosakata dengan cara yang lebih mudah dan menyenangkan.

Tidak sedikit produk kekinian yang menggunakan konsep serupa flashcard. Yang mana tampil dalam bentuk mainan anak berisi gambar dan kata artinya sesuai tema. Seperti tema buah buahan atau binatang. Selain kartu, beberapa permainan anak juga dibuat lebih menarik dengan bahan berupa balok kayu bergambar atau semacamnya.

Yang menarik adalah penggunaan flashcard yang beragam. Anda bisa menggunakannya untuk belajar vocab sekaligus belajar speaking atau pronunciation. Untuk mendukung kemampuan pengucapan dan kosakata Anda juga bisa menambahkan les Kelas speaking onlineNantinya, flashcard bisa digunakan sebagai media untuk mencatat dan menghafal kata baru.

Bagaimana cara kerjanya? Pada dasarnya, flashcard digunakan untuk melatih siswa menghafal dan mengingat kata. Kehadiran gambar akan mempermudah karena memiliki visual yang mudah diterima dan diingat. Dengan bentuk dan model yang beragam, maka media ini pun bisa digunakan oleh berbagai kalangan.

Cara Membuat Flashcards

Cara membuat flashcard bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan tujuan. Yang jelas, kartu ini dibuat dengan menggunakan kertas atau balok yang berisi kata dan gambar. Anda bisa menggunakan kertas yang lebih tebal atau kardus. Kemudian tempel gambar dan tulisan. Agar lebih awet, Anda bisa laminating agar isi tidak pudar.

Sesuaikan juga ukuran dan penggunaannya. Jika digunakan untuk di rumah dan kelas, Anda bisa membuat flashcard yang lebih besar. Sehingga lebih menarik perhatian si kecil. Cara memperluas vocabulary bahasa Inggris melalui flashcards juga bisa dimaksimalkan dengan membuatnya lebih praktis dan kecil sehingga bisa dibaca dimanapun dan kapanpun.

Cara Mengoptimalkan Penggunaan Flashcards Untuk Belajar Vocab

Gunakan Untuk Permainan Tebak Tebakan

Jika Anda ingin menggunakan flashcard untuk si kecil, coba terapkan flashcard dalam permainan. Gunakan kartu dengan ukuran yang sedikit lebih besar, sehingga si kecil bisa melihatnya berbarengan dengan berinteraksi bersama lawan bicara. Seperti apa permainannya? Anda bisa ajak bermain tebak tebakan.

Pegang flashcard di depan dada dan pastikan Anda atau lawan bicara tidak melihat isinya. Ajak si kecil untuk mendeskripsikan gambar yang ada di flashcard dan Anda atau lawan bicara menebaknya. Cara ini akan mengajak si kecil belajar kosa kata, pengucapan, dan juga cara mendeskripsikan objek. Jika si kecil sudah menguasai, tambahkan objek baru yang lebih menarik.  Gunakan Untuk Berhafal

Jika memang tujuannya adalah menghafal, Anda bisa menggunakan flashcard yang lebih kecil dan mudah dibawa bepergian. Cara ini bisa memaksimalkan upaya untuk berhafal dan mencari vocab baru. Agar lebih menarik, Anda bisa buat dengan bentuk atau gambar yang unik. Bahkan, bisa juga ditambahkan konteks atau kalimat yang sesuai dengan tujuan isi.

Biasanya, cara ini cocok jika digunakan untuk tujuan tertentu. Sebut saja ujian, latihan, atau berkaitan dengan istilah khusus. Yang terpenting adalah menuliskan kata kata yang berkaitan atau sesuai dengan materi pelajaran. Bawa flashcard, kemudian baca atau hafal sesering mungkin. Jadi kosa kata tersebut akan terbekas di dalam otak.

Buat Flashcard Ukuran Lebih Kecil Untuk Dipelajari Sewaktu Waktu

Cara ini cocok jika Anda ingin belajar tanpa harus membawa buku atau media yang terlalu berat. Flashcard bisa dicetak atau dibuat dengan ukuran yang lebih kecil, seperti buku catatan atau notes. Tidak sedikit pula yang membuat flashcard yang berukuran kartu ATM, sehingga bisa dibawa dan disimpan lebih mudah.

Jadi Anda bisa membacanya dimanapun atau kapan pun. Bayangkan saja Anda bisa menghafal atau belajar vocabulary selama perjalanan ke sekolah? Pastinya cara ini akan sangat membantu dan seru. Anda pun bisa membuatnya dengan berbekal bahan sederhana, seperti kertas HVS yang dipotong kecil, ditulis tangan, kemudian direkatkan menggunakan staples atau hekter.

Tambahkan Gambar

Tidak semua bisa hafal atau memahami kata saja. Karena itu, bisa tambahkan gambar yang mendukung kata tersebut. Bagaimana jika tidak bisa gambar? Banyak sekali contoh dan template di Internet yang bisa digunakan. Gambar ini akan sangat membantu pelajar yang gaya belajarnya visual atau lebih berfokus pada penglihatan.

Mereka akan lebih mudah menyerap materi baru apabila diberikan secara visual terlebih dahulu. Caranya bisa dengan menggunakan gambar, video, atau contoh aktivitas. Jika sulit untuk menggambarkan kata bagaimana? Memang ada kalanya bahasa inggris itu tidak bisa serta merta divisualisasikan. Jika demikian, gunakan konteks.

Cara memperluas vocabulary bahasa Inggris melalui flashcards dengan tambahan gambar dan konteks ini akan lebih berpengaruh ketimbang hanya hafalan saja. Anda bisa tambahkan sedikit konteks dengan skenario singkat atau arti kata yang mudah dipahami. Hindari informasi yang terlalu kompleks layaknya kamus, karena itu akan membuat belajar vocab terlalu sulit.

Selalu Update Atau Buat Flashcard Dengan Vocab Baru

Karena tujuannya memperluas vocab atau kosa kata, maka jangan berhenti dengan kata itu itu saja. Biasanya, flashcard yang dijual di pasaran memiliki konsep atau tema. Anda bisa gunakan cara yang sama. Pelajari satu dua konsep terlebih dahulu, seperti tentang aktivitas atau binatang. Jika sudah hafal atau paham, Anda bisa coba konsep atau tema baru.

Lantas bagaimana jika ingin membuat flashcard sendiri? Gunakan cara yang sama. Pelajari beberapa kata terlebih dahulu. Jika sudah paham, tambahkan kata atau vocab baru. Anda bisa sesuaikan dengan tujuan atau catat kata -kata yang dirasa sulit dan unik. Salah satu ide yang bagus untuk diterapkan dengan flashcard adalah kata antonim dan sinonim agar bahasa lebih berwarna.

Ulang Dan Rajin Belajar Vocab

Inti dari setiap belajar adalah pengulangan dan rajin. Memperluas vocab akan sering dikaitkan dengan masukan dan kosa kata yang terus bertambah. Alhasil, kunci dari belajar vocab adalah hafalan. Hafalan tentu tidak bisa dilakukan sekali saja. Perlu pengulangan beberapa kali sesuai dengan kemampuan orang tersebut.

Tapi jangan hanya menghafal saja! Meski sudah hafal tapi tidak mengulanginya, maka bisa lupa. Karena itu, jangan buang flashcard yang sudah dihafal. Coba sesekali buka dan pelajari kosa kata tersebut. Tujuannya adalah merefresh atau mengingat kembali ilmu yang sudah diserap. Jadi cara memperluas vocabulary bahasa Inggris melalui flashcards pun akan lebih efektif.

Flashcard memang bisa menjadi media yang membantu atau mempermudah proses belajar. Tapi, semuanya kembali ke diri sendiri. Jika Anda ingin belajar banyak vocabulary, terus tingkatkan bahasa dan juga belajar terus menerus. Pelajari kata baru setiap harinya, maka Anda pun bisa memperluas kosa kata bahasa inggris. Berani coba?